Kamis, 30 Juni 2016

Dampak Negatif Kemajuan IPTEK bagi Kehidupan Lingkungan

Sejak dahulu teknologi sudah ada dan manusia sudah menggunakannya. Berkembangnya teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Dan saat ini perkembangan teknologi sedang sangat pesat. Sebutannya sekarang adalah IPTEK yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seluruh negara di dunia berlomba-lomba memajukan IPTEK di negaranya, mengapa begitu? Karena dengan kemajuan IPTEK yang pesat tentu negara tersebut mendapat banyak keuntungan.
IPTEK menjadi manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia. Jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini sudah dapat digantikan oleh mesin-mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.
Segala sesuatu pasti memiliki dampak, dan dampak tersebut ada yang positif dan negatif. Termasuk juga dengan IPTEK, memiliki dampak positif untuk lingkungan masyarakat, yaitu: membantu penyebaran informasi; memudahkan pencarian informasi; mempersingkat penyampaian berita; dan juga mencerdaskan manusia.
Tetapi dibalik dampak positif tersebut, IPTEK juga memiliki dampak negatif, yaitu: pencemaran lingkungan yang menyebabkan menurunnya mutu lingkungan hidup (global warming); pembangunan yang mengandalkan teknologi dan industri dalam mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi seringkali membawa dampak negatif bagi lingkungan hidup manusia; penyebaran spamscam, agitasi, pencemaran nama baik, egosentris, menjadikan generasi muda memiliki penyakit dia karena terpaku dengan gadget.

Source:
https://audirayatiputri.wordpress.com/2013/05/19/dampak-kemajuan-iptek-terhadap-lingkungan-masyarakat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar