Minggu, 13 Desember 2015

Keindahan Alam Timur Indonesia


       Pada postingan saya kali ini, saya akan menulis tentang keindahan alam timur Indonesia. Lebih tepatnya saya akan menulis tentang keindahan Pulau Flores. Pulau Flores merupakan pulau yang yang termasuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kata Flores ini berasal dari bahasa Portugis yang berarti Bunga. Suku bangsa flores adalah campuran antara etnis Melayu, Melanesia, dan Portugis, sedangkan penduduk asli flores berasal dari delapan sub-bangsa yang terdiri dari Orang Manggarai, Orang Riung, Orang Ngada, Orang Nage-Keo, Orang Ende, Orang Lio, Orang Sikka, dan Orang Larantuka
         Mata Pencaharian penduduk Flores yang utama adalah ber­cocok tanam di ladang. Para warga laki-laki dari sejumlah keluarga luas biasanya bekerja sama dalam hal membuka ladang di dalam hutan. Aktivitas itu terdiri dari memotong dan membersihkan belukar bawah, menebang pohon-pohon. Tanaman pokok yang di­tanam di ladang-ladang adalah jagung dan padi. Selain itu, keadaan alam Flores yang di dominasi oleh sabana ini dimanfaatkan oleh penduduk untuk beternak. Hewan-hewan yang dijadikan ternak diantaranya Kuda, Kerbau, dan Sapi.
















Image result for savana flores island




          Keindahan alam Pulau Flores tidak hanya ada di daratan saja. Keindahan bawah laut tidak kalah menakjubkan. Pulau Flores memiliki Pantai Pink yang menjadi ikon pulau ini, jika pantai lain memiliki pasir berwarna putih, Pantai Pink ini memiliki pasir berwarna pink. Oleh sebab itu pantai ini dinamakan Pantai Pink



Image result for pink beach flores island





Image result for pink beach flores island





Image result for pink beach flores island





Image result for pink beach flores island
  

          Flores juga kaya akan biota lautnya. Kekayaan dan keindahan biota laut ini menjadi daya tarik sendiri untuk para wisatawan, baik dalam negeri mauapun luar negeri.


Image result for biota laut flores





Image result for biota laut flores






















          Destinasi wisata lain yang bisa kita kunjungi di Flores adalah Danau Kelimutu, Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo.

         Danau Kelimutu dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.
.


Image result for kelimutu flores





Image result for kelimutu flores







         Taman Nasional komodo terletak di kawasan  Wallacea Indonesia. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia. Terdapat 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Perpaduan berbagai vegetasi di Taman Nasional Komodo memberikan lingkungan yang baik bagi berbagai jenis binatang dalam kawasan ini. 










Image result for taman nasional komodo flores





Image result for taman nasional komodo flores

    

          Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. Di labuan Bajo anda dapat mengunjungi beberapa pulau yang menghadap ke pelabuhan ini seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Selain itu anda juga dapat mengunjungi Gua Batu Cermin di Labuan Bajo.



    labuanBajo-main-page-pic-2


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar